Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]



Alhamdulillah Ramadhan telah kita jumpai kembali, Dalam sebuah Hadits Nabi dijelaskan bahwa "Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (muttafaq ‘alaihi).

Pertama adalah puasa jasadi,inilah puasa yang tahap pertama adalah menahan diri dari nafsu badani seperti makan, minum, hubungan suami istri dan yang lainya, saya masih teringat ketika masih di sekolah Dasar, salah satu yang paling dinantikan adalah bedug m
agrib, bahkan rela menunggu lama di depan TV, karena pentingnya berbuka puasa duluan sampai mencari TV manakah yang paling pertama memutar adzan magrib. Jika para sahabat saya ikut tersenyum berarti sama dengan saya yah, Ternyata puasa jasadi ini yah seringkali terus terbawa walau terkadang sudah menjadi seorang ayah atau bunda bagi anak-anaknya, menantikan bedug magrib adalah waktu yang terindah. Islam adalah agama yang sempurna yang memahami betul psikologi umatnya, justru dijelaskan dihadits diatas bahwa memang berbuka adalah salah satu kebahagiaan kita yang berpuasa. Yang harus dijaga ketika berbuka adalah sebegai berikut :

1. Balas dendam makan, makan sebanyak-banyaknya sehingga habis magrib terasa mengantuk pada ujungnya justru tidak bisa sholat berjamaah di Masjid.

2. Keasyikan makan sampai mengujungnkan sholat magrib menjelang isya. Ini sering terjadi jika kita tidak waspada dengan waktu, terlebih ketika buka puasa bersama di Mall atau tempat yang ramai, buka puasanya dinikmati tapi sholat jamaahnya ditinggalkan, jika lagi bersama keluarga buka puasa maka yang dilakukan adalah membatalkan puasa terlebih dahulu dan cari mushola untuk sholat magrib baru dilanjutkan dengan makan bersama.

3. Terlalu banyak minum yang serba manis, jika serba berlebihan tentu saja tidak baik. Jika terlalu banyak minim dan makan yang manis akan menjadi penyakit dikemudian hari. minumlah minuman yang manis secukupnya, saya sendiri memilih mium teh manis dan makan kurma sebagai pembuka puasa.

Kebahagiaan kedua adalah ketika Shoimun, kita yang berpuasa bertemu dengan Rabb, Dalam Al-Quran Allah berfirman “Wahai manusia, sesungguhnya engkau bekerja keras menuju Tuhanmu, maka engkau akan menemuinya.” (QS. Al Insyiqaq [84]: 6), Apa makna bekerja keras disini adalah kita beribadah dengan sungguh-sungguh dan mengharapkan keridhoan Allah semata-mata. Dibulan Ramadhan ini bahkan disiapkan oleh Allah momen-momen istimewa seperti Malam 'Lailatul Qodr" bagi kita yang berpuasa agar menemukan lompatan perubahan menjadi bukan hanya baik namun yang terbaik.

Selamat menunaikan obadah puasa sahabatku
salam dari Naqoy Point Center Serpong, semoga kita semua menjadi manusia muttaqien.

NAQOY CENTER : 087878289001



PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]