Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


Hanya ada dua jendela dalam hal uang.
Satu kekurangan uang dan satu kelebihan uang
.”


Saya baru saja menyelesaikan training bersama Dompet Dhuafa Hong Kong bertempat di sekolah Hou Tung Causeway Bay. Sebanyak 400 peserta training menanti bagaimana training OMA diadakan. Kegiatan diawali oleh bedah OMA, dilanjutkan training OMA (One Minute Awareness).

Dalam training OMA, para BMI (Buruh Mirgan Indonesia) diajak kembali untuk menemukan “spirit of change” dalam hidup mereka agar kembali menemukan TITIK KESADARAN. Dalam buku OMA dijalaskan bahwa Zero adalah power, ketika seseorang di-NOL-kan oleh Allah, sebenarnya dia sedang memiliki power.

Ada yang di NOL-kan dalam keuangan, kesehatan, karir, mental, keluarga bahkan spiritual, pada hakikatnya itulah titik krisis yang membuat orang bangkit dan berubah. Dalam buku OMA dijelaskan bahwa krisis selalu melahirkan 2 pilihan yaitu tenggelam atau muncul ke permukaan. Tinggal kita sajalah yang memilih manakah yang akan kita pilih, tenggelam atau justru bangkit karena krisis tersebut.

Selesai memberikan training, keesokan harinya saya bertemu dengan salah satu peserta training di Hong Kong dan dia bertanya, “Pak problem saya ini tiap bulan kelilit utang melulu. Gali lubang tutup lubang sampai saya stres. Kadang saya mikir sampai kapan saya pengen usaha tapi selalu kebentur modal. Sedangkan waktu luang banyak. Gimana ya solusinya”. Pertanyaan ibu Maryanti, dari Hongkong ini menyadarkan saya bahwa masih banyak saudara kita yang membu-tuhkan cara baru dan efektif untuk terbebas dari kesulitan keuangan.
Ada banyak orang yang bisa berubah dalam keuangan setelah ia terlalu lama terlilit hutang, siapapun tidak nyaman pada saat kita memiliki hutang karena energi kita katarik untuk mundur. Dalam training The7Awareness yang kami lakukan tiap bulan di Jakarta dijelaskan bahwa hanya ada 2 tipe orang dalam hal uang yaitu : (1). Kelebihan uang. Dalam hal ini uang yang akan mencari-cari kita, bahkan kabar Gila-nya, pada saat kita lagi pulas-pulasnya tidur, eh uang masuk ke rekening kita tanpa izin, Wow dasyat bukan. Saya ingin contohkan kalau kita memiliki kos-kosan 100 pintu di daerah kampus Binus, maka kita akan diampun uang akan mengalir kepada kita. Atau kita punya kemampuan menulis buku, dan bukunya meledak, itupun akan sama, uang akan mengalir kepada kita. Masih banyak lagi kelebihan uang dengan cara halal. Kalau dengan cara haram seperti korupsi, menipu, menang lotre dan sebagainya tidak saya ajarkan.

(2). Kekurangan uang. Ini yang sering kita temui, sayapun pernah ada di posisi ini, bahkan waktu itu untuk makan besok harus berpikir kerasd bagaimana caranya. Ini terjadi ketika saya kuliah dan hanya bisa menjaga sepatu sambil membersihkan WC selama 4 tahun (1997-2001), semantara teman sekuliah saya habis kuliah asyik belajar, saya harus segara ke Masjid untuk menjaga sepatu dan WC.
Uang dari jaga sepatu itulah untuk makan dan biaya kuliah saya, kesimpulanya saya pasti selalu kekurangan uang bukan setiap bulan namun setiap hari. Terkadang harus berpuasa senin dan kamis bukan hanya termotivasi hadits Nabi saja namun karena keadaan yang memaksa untuk melakukanya.

Saya pernah jatuh ditempat yang sama, gali lobang menutup lobang dan itu membuat saya harus ACTION. Saya percaya bahwa Allah maha kaya, hanya terkadang kita tidak tahu saja bagaimana membuka rizki dari-Nya. Kalau hanya 2 jendela saja dalam hal uang, saya memutuskan untuk memiliki jendela banyak uang dibandingkan selalu kekurangan uang.
Kalau ibu memilih yang pertama saya ada 4 langkah bagaimana menjadi orang yang selalu kelebihan uang yaitu;

1. Uang adalah energi, ia netral tidak positif dan juga tidak negatif. Oleh karena uang adalah energi hati-hatilah ketika kita sering menarik uang dengan kata-kata negatif. Hindarilah kalimat “Aduh, saya lagi pusing nih, ga punya duit, aduh stress nih, sial nih hari ini” dan sebagainya. Kalimat yang kita ucapkan akan memantul kepada kita sendiri, dalam training The7Awareness ada sebuah rumus yaitu “Where The Attention Goes, The Energy Flow”, Dimana Pikiran Tertuju Disana Energi Akan mengalir.
2. Lakukan sedekah uang untuk dapat uang lebih banyak lagi. Jadikan sedekah adalah kebiasaan bukan hanya keinginan semata-mata. Apabila sedekah sudah menjadi kebiasaan maka anda akan merasa kurang ketika tidak bersedekah. Kekuatan dari sedekah sangat luar biasa, akan memantul kepada kita melebihi apa yang kita berikan. Saya menamkan rahasia ini 10 tahun terakhir memberikan dampak yang sangat dasyat sekali. Saya menyedekahkan 10 % dari penghasilan saya dan yang saya dapatkan pantulan yang sangat luar biasa.
3. Jagalah sikap kita agar selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Dalam the7awareness saya menyebutnya sebagai afirmasi. Mengucapkan kalimat “Terima kasih Ya Allah saya bebas hutang, saya kaya, saya rajin bersedekah”. Afirmasi sendiri menjadi kunci dalam pelatihan The7Awareness, dalam pelatihan yang bertujuan untuk menciptakan karakter positif manusia unggul ini, saya sering melihat banyak orang menemukan kebahagiaan dan kesuksesan setelah melakukanya. Belum lama ini saya melakukan Coaching untuk seorang peserta training yang memiliki hutang 3,5 M setelah ia mempraktikan panduan 21 days dengan benar ia mampu melunasinya tanpa kekurangan apapun.
4. Mulailah menyimpan 10 persen dari penghasilan anda utk ditabung, jangan membukanya sampai beberapa tahun kedepan.Inilah yang sering saya sampaikan dalam training, banyak orang menabung kalau ada sisa, pertanyaanya adalah apakah ada sisa tiap bulan dari penghasilan kita. Hampir kebanyakan mengatakan “tidak ada”, mengapa? Karena biasanya pengeluaran kita lebih besar dibandingkan penghasilan. Dalam terapi keuangan The7Awareness kita langsung memotong 20 % dari penghasilan kita untuk 2 hal penting ini (1), Untuk Sedekah dan (2) untuk menabung yang bertujuan Investasi.
NAQOY-Founder dan Master Trainer The7Awareness, penulis buku The7Awareness dan mega best sellers OMA dan pemecah rekor MURI.

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]