Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]



 Komitmen itu adalah bagian terpenting dalam motivasi karyawan, ketika seseorang telah mendapatkan motivasi secara efektif maka akan melahirkan dirinya memiliki komitmen lebih baik terhadap karyawan, Dalam teori The7Awareness (2010) dan One Minute Awareness (2013) dijelaskan bahwa sebuah komitmen organisasi atau perusahaan dimulai kesadaran seseorang akan dirinya sendiri untuk memberikan transformasi kepada perusahaan menjadi lebih baik.  Kesadaran diri menjadi lebih baik ditentukan oleh 2 faktor yaitu internal (88%) dan ekternal (12 %). Faktor internal diantaranya adalah :
1, Motivasi diri
2. Ditemukanya visi mulia
3. Berhasil mengubah tekanan menjadi jalan keluar
4. Mengelola keberkahan diri 
5. Bekerja dengan bahagia dan menyenangkan orang lain

Sementara faktor ekternal diantaranya adalah :

1.Hadiah dari perusahaan 
2. Penghargaan dari atasan 
3. Lingkungan yang mendukung
4. Sistem kerja yang nyaman 
5. Peraturan yang mendukung

Adapun 4 hal yang menumbuhkan komitmen pegawai dalam bekerja adalah :

1. Up Awareness , perusahaan berupaya memberikan kesadaran pegawai ditingkatkan , karena kunci semua perubahan adalah kesadaran diri yang akan berdampak kepada kesadaran perusahaan di masa yang akan datang. Dalam kesadaran seseorang akan memilih dirinya menjadi pegawai yang terbaik bukan hanya sebatas baik (Mengambil istilah The7Aeareness from Good to Great). Komitmen akan tum buh dengan melesat pada saat pegawai memiliki kesadaran paripurna. Seperti contohnya adalah pegawai yang mengeluh akan menemukan sisi kekuranga manajemen dan dirinya sehingga akan menjadi "toxic" di masa yang akan datang. Pegawai yang mempu memperbesar kesadaranya akan memiliki rasa syukur yang tinggi sehingga berdampak kepada loyalitas perusahaan. 


2. Up Undestanding, komitmen bisa tumbuh semakin berkembang pada saat memahami kelemahan dan kelebihan dirinya sendiri. Sebuah pemahaman pekerjaan semakin tinggi pada saat terus diberikan sosialiasi dengan menumbuhkan visi dan menjalankan dengan cinta. Ketika visi diperbesar maka akan tumbuh raasa cinta dalam bekerja sehingga menjalani  semuanya dengan mudah dan indah. Pekerjaan yang terasa berat akan menjadi mudah pada saat  pegawai menemukan jalan bahagianya. 

3. Up Knowledge . Komitmen akan tumhuh sejalan dengan pengetahuan pegawai dalam bekerja baik S.OP dan Value perusahaan  dan yang tidak kalah penting adalah latar belakang perusahaan dirikan sehingga melahirkan "passion" dan "empati". Dalam hal ini maka akan tumbuh perencanaan yang matang yang bersifat jangka pendek dan jangka panjang. 

4. Up Wisdom. Inilah kualitas pegawai yang di atas rata-rata, bagaimana dirinya tidak hanya loyal dan komitmen namun mampu menjadi agen perubahan bagi pegawai lainya untuk memiliki kekuatan pengaruh, kearifan pegawai akan membawa perusahaan tidak hanya dirinya sebagai karyawan namun mampu menjadikan pekerjaan sebagai ibadah . Disnilah pegawai menjadikan loyalitas bukan hanya kepada atasnya namun sebagai bentuk syukur kepada Tuhanya. 

FAKTOR YANG YANG MEMBUAT SESEORANG TIDAK KOMITMEN DALAM BEKERJA

1. Budaya komitmen yang tidak dibudayakan di perusahaan.
2. Kehilangan kepercayaan pimpinan dari bawahan.
3. Menajemen yang tidak komitmen kepada karyawan 
4. Kehilangan antusiasme pegawai dalam bekerja.








PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]