Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


 One Minute Awareness

“Setiap tekanan melahirkan 2 pilihan ,

pertama tenggelam dan kedua naik ke permukaan”

@naqoy

 

S

ejak kecil sudah terbiasa ditinggal sang ayah yang merupakan pelaut , sehingga setiap persoalan yang ada dalam rumah tangga banyak diselesaikan dengan kekuatan super woman sang Mami. Memiliki Mamih dari Jawa membuat Tini kecil diajarkan tentang cara-cara hidup orang jawa dengan segudang filosofisnya. Diantaranya adalah sebagai berikut “Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan”
Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri. Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu, hal ini sudah diajarkan oleh Mami tentang bagaimana “berpikir dan berjiwa besar” sejak kecil. Selain itu juga ada pepatah lainya seperti  “Aja Adigang, Adigung, Adiguna” Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti. Sang Mami memahami bahwa kerendahan hati adalah modal sukses bagi siapapun karan disayang oleh Tuhan.

            Filsafat jawa yang juga penting agar anaknya terus berada dalam kebaikan dan keberkahan disampaikan dalam filsafat Jawa yaitu “ Sura Dira Jaya Jayaningrat, Lebur Dening Pangastutisegala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar. Kalak nasihat-nasihat penting dari Mamih menjadi jangkar kuat bagi dirinya ketika melewati masalah. Ketenangan, kelembutan dan kasih sayang tampak jelas dari wajahnya, hal ini sangat terkait dengan kearifan diri yang diajarkan oleh Mamih kepada dirinya. Sebuah kemenangan bagi Mamihnya bukan ketika melawan namun justru ketika kita bisa menerimanya kekurangan dengan rasa syukur.

            Mengingat filosifis Mamih (orang tua) Hj Tini Indrayanthi  serupa dalam asmosfir The7Awareness “Awareness of Soul”,  dikisahkan terjadi dialog antara matahari dan goa, kurang lebih terjadi dialog seperti ini

            “ Matahari, enak kamu yah hidupnya” Gua mengawali

            “Maksudnya enak gmn?’ kata Mahatahari

            “Kamu, ga seperti saya tidap hari dalam kegelapan” gua melanjutkan

            “Sekali-kali menggantikan posisi saya disini”, dengan jelas gua mengatakan

            “Baiklah saya kesana” katanya

Akhirnya Matahari memasuki tempat yang selama ini dikeluhkan oleh Gua, lalu gua terdiam dan kemudian tersipu malu mengatakan kepada Matahari

            “Saya malu” kata Gua

            “Tunjukan dimana kegelapan itu berada, karena setiap sudut tampak terang benderang” kata Matahari.

            Itulah gambaran dalam kesadaran keempat dari 7 Kesadaran hati dan Jiwa Menjadi Manusia di atas rata-rata, ketika jiwa seseorang kuat dan besar maka akan sulit orang bisa menghancurkan dirinya dengan berbagai fitnah, hujatan dan cacian akan tetapi sebaliknya ketika jiwa seseorang lemah dan kerdil bagaikan sebuah gua yang mudah tertutup kegalapan hatinya. Tanpa disadari setiap hari dirinya sedang  menggelapkan diri dengan  keserakahan yang dibuat atas nama kebenaran namun sebenarnya atas nama “ego”nya yang terdalam.

            Nurani dan Dzulmani, keduanya saling bertolak bekalang antara satu dengan yang lainya, ketika seseorang dikuasai oleh ‘Nurani’ maka akan ada rasa malu ketika akan berbuat buruk, akan membuang rasa malas yang berlebihan serta kemauan belajar yang tinggi. Sementara Dzulmani justru menyukai kemunafikan dan kefasikan bahkan kekufuran. Dzulmani yang terus menerus diperbesar maka akan membuat seseorang terjatuh dalam ‘nafs amarah”.

            Bagi Mamih , (Ibunda Hj Tini), seseorang yang menjaga hatinya agar selalu dalam ‘nurani” akan sekuat karang, walau ada ombak sebesar gunung, dirinya memiliki kekuatan kedalam, Inilah yang digunakan oleh filosofis jiwa bagi Hj Tini dari sang ibunda. Perjalanan membangun karir ASN bersama suami tercinta (Drs.H.Benyamin Davnie) tidaklah semudah membalikan tangan, namun semua persoalan bisa dilewati dengan kekuatan hati yang tenang dan senyum kemenangan.

            Dalam One Minute Awareness, dijelaskan bahwa setiap orang untuk sukses memiliki rumus yaitu T X I X P X K, diambil dari Grand Theory The7Awareness versi Gramedia yang diterbitkan tahun 2008, yaitu Tekanan X Impian X Percaya  X Konsisten. Seseorang yang semakin banyak tekanan akan memiliki 2 pilihan yaitu One Minute Awareness (OMA) dan One Minute Non Sense , seseorang yang menemukan One Minute Awareness akan menjadikan tekanan sebagai jalan sukses, sementara seseorang yang menemukan One Minute Non Sense akan menjadikan tekanan sebagai jalan buntu menuju masa depan.

            Bu Hj Tini memulai karir di Kementerian perhubungan ditempatkan di Sekolah Penerbangan Curug Kab Tangerang, posisi kantor sangat dekat dengan rumah tinggal dirinya ketika belum berumah tangga, cita-citanya adalah mencari pekerjaan lebih awal untuk bisa membantu keluarga, setelah lulus sekolah sekretaris dirinya langsung mendaftarkan diri sebagai ASN, ketika memilih menerima ajakan menikah Drs.H.Benyamin Davnie (teman sekolah) dirinya adalah pegawai di Kementerian Perhubungan ,  setelah menikah dan memiliki anak , dirinya harus memilih antara karir sebagai pegawai di Sekolah penerbangan atau menjadi Ibu rumah tangga untuk anak anaknya kelak.

            Disinilah cinta dan pengorbanan itu dimulai, ketika karir yang tinggi harus dikorbankan atas nama cinta keluarga (anak dan suami), Ibu Hj Tini memilih untuk mengundurkan diri ketika menejadi Sekretaris Direktur di Sekolah Penerbangan tersebut, ini menjadi One Minute Awareness bagi dirinya, bahwa nomer satu adalah keluarga, karir adalah nomer berikutnya, ketika memilih menjadi ibu rumah tangga disanalah bagian rumus kedua dalam The7Awareness berjalan yaitu IMPIAN.

            Cita-citanya adalah bagaimana anak-anaknya sukses dan suaminya memiliki karir yang baik, Suami memulai karir dari Calon pegawai di Kab Tangerang, namun ketekunan suami dan doa istri yang bersungguh-sungguh membuat perjalanan karir suami semakin baik, Tepat ketika Drs.H.Benyamin Davnie menjadi Camat di Kota Tangerang membuat dirinya lebih baik memutuskan mengundurkan diri agar bisa menemani suami dalam tugas, sebuah perubahan kebiasaan yang biasanya super sibuk dengan semua aktivitas perkantoran diganti menyiapkan persiapan suami bekerja dan anak anak yang semakin dewasa.

                     


Bagian penting dalam One Minute Awareness adalah percaya diri yang tinggi, tentu saja jauh berbeda antara sebuah kepercayaan diri dengan kesombongan. Percaya diri yang tinggi adalah bentuk kesadaran diri seseorang tentang dirinya memiliki banyak kemampuan yang bisa dikembangkan menjadi maju, bagi Hj. Tini sendiri percaya diri adalah modal penting menatap masa depan yang lebih pasti. Walau terlahir dari keluarga yang bukan kaya raya namun sejak kecil dibentuk kepercayaan diri yang tinggi dalam bekerja dan menjaga mimpi yang kuat, dirinya bagaikan sebuah busur yang ditarik dengan sekuat tenaga namun pada akhirnya akan dilepas secepat mungkin menuju impianya.

Setelah memiliki percaya diri yang kuat dirinya mulai melanjutkan dengan Konsisten, dalam keheningan malam dirinya membangunkan diri untuk sholat malam (tahajud) memohon dimudahkan segala urusan untuk anak-anak dan suaminya tercinta, dirinya menyadari bahwa ketekunan adalah bentuk dari cinta yang nyata, semakin besar cinta seseorang maka semakin konsisten dalam ibadah, dalam bekerja dan dalam melayani. 

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]