Open top menu
Monday, November 5, 2018









LATAR BELAKANG

Dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan khususnya yang terkait dengan perilaku dalam melayani dan produktifitas, dirasa perlu tersedianya suatu program tepat yang terpadu, sistematik dan dapat diimplementasikan secara bersama-sama. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah melalui program AWARENESS  Outbound & Artbond (AOA) –Character Building.
AOA – Character Building adalah suatu program pelatihanan manajemen di alam terbuka yang berdasarkan pada prinsip ‘experiential learning’ (belajar dari pelajaran langsung) yang disajikan dalam bentuk permaninan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Dalam program OMT Character Building tersebut peserta secara aktif dilibatkan dalam seluruh kegiatan yang dilakukan dengan langsung terlibat pada aktifitas (learning by doing) peserta akan segera mendapatkan umpan balik tentang dampak dari kegiatan yang dilakukan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan diri setiap orang dimasa mendatang. Mesti dalam bentuk aplikasi game – game ringan, setiap game dalam kegiatan outbound mengandung makna yang dalam, filosofis dan sarat akan pesan – pesan simbolik yang bermanfaat serta membangun karakter ke arah kesuksesan dalam kehidupan, baik kesuksesan di tingkat individu maupun kesuksesan kelompok/tim.
Guna mencapai tujuan dan mengoptimalkan metode pelatihan di atas, media Outbound Activities atau juga dikenal  dengan Outbound Training merupakan pilihan yang tepat. Dengan konsep interaksi antar peserta di alam terbuka diyakini dapat memberikan suasanan yang kondusif untuk membangun dan membentuk sikap, cara berfikir serta persepsi yang kreatif dan positif dari setiap peserta guna membentuk jiwa kepemimpinan (Leadership), Jiwa Melayani (Service Excellence) dan kebersamaan (team work), keterbukaan, toleransi dan kepekaan yang mendalam yang pada harapannya akan mampu memberikan semangat, insiatif dan pola pemberdayaan baru dalam suatu organisasi maupun lingkungan.
Dalam hal ini perusahaan atau organisasi  ingin mengimplementasikan program Continous Improvement dalam kaitannya dengan menyelenggarakan program AOA Character Building untuk menjembatani tercapainya program tersebut. Diharapkan dengan hal ini dapat memberikan dampak positif bagi semua Pegawai.
GARIS BESAR PROGRAM
Adalah berkaitan dengan program Continous Improvement, Program ini dikemas melalui kegiatan kegiatan outbound dan bertujuan membangun sikap dan karakter pemimpin sebagai landasan utama dalam pencapaian sebuah keberhasilan dengan mewujudkan produktifitas  organisasi dikhususkan untuk membantu pihak perusahaan dalam membangun budaya kerja yang berorientasi pada kulalitas karakter. Pelatihan ini merupakan proses dalam membentuk etos kerja yang positif dalam membangun pribadi tangguh dengan karakter kepemimpinan unggul dan bersih agar tercapai produktifitas yang semakin meningkat.
Program ini juga menfokuskan kepada 2 hal, bagaimana membangun pribadi yang unggul dengan One Minute Awareness dan membangun tim yang hebat dengan Outbond.




TUJUAN PROGRAM


Dalam program AOA Character Building ini peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan strategi yang berguna khususnya dalam hal:
1.       Meningkatkan rasa percaya diri
2.       Meningkatkan Keterampilan dalam komunikasi efektif agar tercipta sinergi
3.       Membuka wawasan baru dalam berinteraksi denga lingkungan sosial dan bekerja sama dengan orang lain
4.       Meningkatkan daya saing dan produktifitas
5.       Meningkatkan kemampuan kratif dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan
6.       Berkreasi secara matang agar dapat berinovasi
7.       Meningakatkan dan menggali potensi yang belum disadari
8.       Keterbukaan sikap (self disclusure), memberi dan menerima umpan balik (feedback)
9.       Senantiasa berpedoman pada sikap untuk terus mengembangkan diri (Continuous improvement)
10.   Mampu merubah mindset negatif ke positif untuk menjadi pribadi karyawan yang unggul
11.   Memiliki energi positif
12.   Menemukan ONE MINUTE AWARENESS untuk bekal perubahan
13.   Menemukan semangat ikhlas untuk perubahan yang hebat

MANFAAT PROGRAM

Simulasi permainan yang diberikan semuanya mengandung manfaat manajerial sehingga akan didapat pengalaman – pengalaman yang berguna dalam melakukan aktifitas sehari – hari seperti :
1.       Menyadari bahwa karakter adalah prioritas dalam perjalanan menuju kesuksesan seseorang
2.       Melatih peserta untuk menjadi pribadi yang berjiwa melayani
3.       Melatih peserta untuk bekerja sebagai  orientasi utama
4.       Memahami peran & fungsi serta tanggung jawab masing – masing
5.       Terbentuknya pribadi yang tangguh dan solid dalam peningkatan kinerja dalam rangka pencapaian tujuan individu maupun organisasi
6.       Peserta termotivasi untuk mulai mengubah paradigma, sikap dan perilaku sehari – hari dari yang semula berbasis follower – mentality ke leader mentality dalam konteks organisasi
7.       Mempersiapkan kepemimpinan organisasi dalam lingkungan kerja



KEGIATAN ATAU PROGRAM
Kegiatan program ini akan meliputi :
1.       Pengembangan Diri secara berkelanjutan (Continuous Improvement)
2.       Pengembangan Kerjasama Kelompok (Team Work Building)
3.       Pengembangan Kepemimpinan (Leadership)
4.       Pengembangan Budaya Organisasi (Culture Development)
5.       Berdaya Kreasi dan Inovasi
6.       Perencanaan Strategi (Strategic Planning)
7.       Pengembangan Diri (Personal Development )
8.       Pemecahan Masalah (Problem Solving)
9.       Pengembangan Pelayanan (Service Excellence)

BENTUK PROGRAM PELATIHAN & PERMAINAN
Character Team Building Goal : Program ini menunjukan bahwa kerjasama adalah hak yang mutlak dalam pencapaian tujuan
·         InBond Training        : Sebelum OutBond peserta akan mendapatkan pencerahan hati dan jiwa yang menguatkan pola pikir, pola rasa dan motivasi kinerja, peserta akan mampu bersinergi dengan dirinya sendiri, diajak menemukan suara hati dan One Minute Awareness sehingga siap menjadi bagian tim yang unggul dan penuh kontribusi.

·         Outbound Training : Pelatihan ini akan banyak menggunakan alam bebas (outdoor) dalam medianya. Program ini dilakukan dengan komposisi di alam terbuka 70% dan diskusi kelompok 30% sebagai penunjang dari setiap kegiatan.
KERANGKA DASAR PELATIHAN

Kerangka dasar AOA Character Building  ini terdiri dari :
·         Pengarahan (Briefing)
·         Pemahaman akan misi (Mission assesment)
·         Perencanaan (Planning)
·         Pelakasaan aktifitas (MotivAction )
·         Refleksi (Reflection)
·         Evaluasi (Evaluation)
·         Penyimpulan (Debriefing)
·         Kontemplasi


FASILITATOR
Dalam kegiatan pelatihan dengan media indoor maupun outdoor, kami menerapkan standar kompetensi yang memadai meliputi :
·         Instruktur & Fasilitator (Trainer) ; Para trainer yang berkompetensi dalam bidang pelatihan indoor maupun outdoor yang berlatar belakang pendidikan Pengembangan SDM, Psikologi  dan Komunikasi
·         Instruktur High Rope Courses ; Para instruktur yang berkompetensi di bidang luar ruang yang menguasai Safety Procedure dan Safety Equipment yang berstandar demi keamanan dan kenyamanan bagi setiap peserta dalam setiap kegiatan (OPTIONAL)


DESKRIPSI KEGIATAN
·         DURASI : Program yang ditawarkan berdurasi 2 Hari sampai 3 hari
·         LOKASI : -optional-
·         FASILITAS : Program
·         RUNDOWN (Terlampir)
PENUTUP
Demikianlah pengajuan penawaran program pelatihan ini kami sampaikan sebagai bentuk kepedulian dan penawaran untuk berkembang bersama dalam meningkatkan sumberdaya manusia yang dapat diunggulkan dengan harapan setelah mengikuti kegiatan tersebut dapat meningkatkan daya kinerja dan produktifitas Pegawai.
Semoga dapat menjadi acuan dalam menyelengarakan kegiatan. Terima kasih.


PT. KESADARAN INDONESIA(
(021)75872807, 081905666479, 081287475463 




Tagged
Different Themes
Written by Naqoy

Founder And Master Trainer The 7 Awareness

0 comments