Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]




 

PERENCANAAN STRATEGIS SDM SKALA MAKRO 

1. Perencanaan Stategis secara makro dalam SDM artinya berhubungan dengan nasib masa depan bangsa, seperti yang menjadi slogan pemerintah Jokowi ke II adalah "SDM Unggul", ini memang tidak mudah namun bukan berarti tidak mungkin di masa depan, karena salah satu faktor sebuah bangsa memiliki masa depan yang jauh lebih baik adalah dengan meingkatkan kualitas SDMnya melalui peningkatan pendidikan. Pemerintaah merencanakan SDM Perencanaan strategis makro merupakan perencanaan yang menetapkan pilihan kebijakan yang harus dilaksanakan, tujuan yang ingin dicapai dan cara mencapai tujuan pada tingkat nasional. Rencana pembangunan nasional ini secara strategis meliputi rencana semua sektor yang menjadi tugas negera dalam segala bidang, antara lain bidang SDM dan perekonomian. Mengutip istilah The7Awareness Parenting "Strom Nation from Home", bahwa membangun bangsa yang besar dimulai dari rumah. Meerencanakan SDM hebat skala nasional tentu dimulai dari Pranatal sampai masa-masa lanjut. Dari data yang diambil dari kompas Kompas, 22 Oktober 2019:13) menunjukan gambar sebagai berikut :

a. SD ke bawah 52,40 juta orang (40,51 %)

b. SMP 22,97 juta orang (11,3 %)

c. SMA 23,10 juta orang (17,86%)

d. SMK 14,63 juta iorang (11,31 %)

e. Diploma I, II dan III 3,65 juta orang (2,82 %)

f. Universitas 12,61 juta orang (9,75%)


Hal ini menunjukan bahwa Indonesia dalam pengembangan SDM masih dibawah rata-rata umumnya, 40 % penduduk Indonesia , tepatnya 52,40 juta orang pendidikan dibawah SD. Namun saya sendiri percaya , 30 tahun yang akan datang tepat ketika Indonesia akan memasuki era emasnya 100 tahun, angka prosentasenya akan berubah dengan adanya bonus demografi penduduk yang besar dan berpendidikan tinggi bahkan sampai doktoral, hal ini akan menjadikan Indonesia seperti prediski paara pakar yaitu menjadi negera dengan ekonomi terkuat di Asia. 


Perencanaan makro memiliki konsep seperti diatas, sehingga membuat stategi yang efektif untuk masa depan bangsa. 


Sementara perencaan stategis mikro artinya artinya membuat perencanaan SDM sesuai kebutuhan masiang-masing perusahaan karena setiap perusahaan memiliki kebutuhan SDM yang berbeda, mislanya Pertamina bagian penjualan yang menangangi SPBU yang dibutuhkan adalah lulusan SMK/SMA dengan diutamakan jenis kelamin perempuan, saya masih teringat ketika menjadi kosnultan di Pertamina dan menggali 'meaning of work" teman teman pegawai SPBU agar memiliki semangat unggul. Berbeda dengan bagian perkantoran di PERTAMINA yang bahkan membutuhkan minimal master di bidang tertentu.  Artinya perencanaan stategis SDM skala mikro memfokuskan kepada skala perusahaan masing-masing yang akan berhasil melewati masa-masa destrupsi di masa depan.



JAWABAN KE 2


Perencanaan SDM  memiliki langkah-langkah yaitu :

1. Tujuan , disinilah terdapat Visio, Dream dan Goal dari perusahaan. Jika sudah terinternalisasi maka akan mudah membawa SDM memiliki  etos kerja yang baik. Bayangkan ketika Anda naik taksi dan ditanya mau kemana, lalu menjawab "ga kemana-mana pak, ga tahu " dan sebagainya, maka taksi akan diam di tempat. Inilah pentingnya Tujuan (Goal), Tujuan perencanaan bersumber dari tujuan perusahan atau organisasiyang tecantum dalam Renstra. Oleh karena itu tujuan merupakan penentu aktivitas dalam perencanaan sekaligus merupakan kendali. Semakin jelas perusahaan membuat tujuan  maka semakin maju SDM yang ada. 


2. Kualifikasi tenaga kerja. Ini bagian pertama yang penting, dari awal sudah membuat cluster apakah yang dicari dari jenis, level pendidikan, kompetensi, jumlah, persyaratan, dll. Spesifikasi calon tenaga kerja yang dibutuhkan tersebut diperoleh melalui analisis pekerjaan (jobs analysis) menggunakan teknik dan langkah-langkah tertentu. Perusahaan sudah tepat membuat kualifikasi sehingga yang diterima adalah yang memenuhi syarat yang dibutuhkan oleh perusaahan. 


3. Menentukan Prakiraan (forecasting) Kebutuhan Tenaga Kerja.

     Data dan informasi yang telah dianalisis akan menjadi sebuah modal perusahaan membuat prakiraan kebutuhan tenaga kerja, walau masih 

     prakiraan namun akan mendekati benar )tepat). Dalam hal ini kekuatan data dan informasi menjadi sumber yang penting untuk kemajuan 

     perusahaan  di masa depan. Dalam hal ini juga bisa dilakukan survei digital di lokasi perusahaan akan dibentuk.


4. Suplai pasokan tenaga kerja

     Melakukan kerjasama dengan lembaga penyedia tenaga kerja atau komunitas kepala sekolah atau lembaga pendidikan yang bagus akan 

    mempermudah perusahaan memiliki calon pegawai yang diharapkan, tentu saja kita sering lihat mengapa perusahaan seperti ASTRA mela

   kukan kerjasama dengan sekolah di kampung-kampung, ternyata jawabanya adalah karena mencari stok pasokan pegawai yang bagus. Jangan sampai ketika kebutuhan pegawai mendesak ada namun kesulitan mencari pegawai dikarenakan sulitnya SDM yang tepat. 


5. Waktu rekrutmen 

     Penentuan kapan penerimaan pegawai sangat tepat serta merencanakan waktu lamanya pegawai bekerja, apakah pekerja tetap atau honorer yang ditentukan. Dalam hal ini tentu saja ada  Pelakasanaannya tentu harus memperhitungkan jumlah dan jenis pegwai yg akan pensiun, mutai, promosi, dll.


6. Job Training

    Pegawai baru dan pegawai lama juga membutuhkan training, jika pegawai baru bertujuan untuk penyesuaian budaya perusahaan, nilai-nilai perusahaan dan situasi lingkungan kerja sementara yang pegawai lama adalah bagaimana mereka memiliki daya motiavsi yang tetap tinggi dan kretaivitas serta inovasi yang tidak berahir walau sudah lama bekerja. Mmebuat agenda kapan waktu yang tepat bagi pegawai mendapatkan training sehingga memiliki kualitas yang baik , di dalamnya adalah softskill training dan hard skill training. Dengan diberikan training maka perusahaan tersebut akan menjadi learning organization sehingga akan siap menghadapi berbagai tekanan bisnis di masa depan, di banyak perusahaan mereka membuat lembaga sendiri seperti Mandiri Learning Center, PERTAMINA University, PLN Learning Center dll.


7. Perkiraan pendanaan


    Setiap aktivitas perusahaan dalam SDM membutuhkan dana , maka harus direncanakan dengan baik, semakin baik membuat perencanaan anggaran akan semakin baik mencetak pegawai unggul di perusahaan tersebut. 


The7Awareness training & Consulting Hub 087878289001 email naqoycenter@gmail.com


PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]