Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


Dinamika jenis pekerjaan semakin dinamis sehingga melahirkan tuntutan suatu jabatan  semakin tinggi , terlebih di era teknologi yang semakin cepat  sehingga melahirkan persaingan yang sangat cepat membuat alasan mengapa pengembangan SDM sangat dibutuhkan era sekarang, seandaiya saja dinamika manusia tidak berkembang dan tuntutan pekerjaan statis sehingga persaingan sama sekali tidak ada maka tidaklah mendesak atau tidak penting  SDM dikembangkan. Inilah jawaban dari pertanyaan tentang mengapa pengambangan SDM sangat penting di era sekarang.

Jauh sebelum adanya pandemi perubahan dalam SDM sangat cepat dan dinamis, saya sendiri memiiki pengalaman menjadi konsultan SDM di BUMN seperti PERTAMINA dan PLN melihat langsung bagaimana transformasi itu seseuatu yang tidak bisa dihindari. Tahun 2010-2014 ketika Pertamina harus bersaing dengan perusahaan yang bahkan awalnya membeli minyak dari mereka yaitu Petronas dan Shell membuat SDM Pertamina goyah terhadap tekanan yang tidak terbayangkan. Ketika tidak adanya persaingan yang ketat membuat pengambagan SDM lamban dibentuk hal ini terjadi ketika PERTAMINA belum menghadapi saingan seperti SHELL, TOTAl dan PETRONAS, namun ketika persaingan ternyata dekat dan nyata akan mengancam nyawa perusahaan di masa depan membuat pengambangan SDM menjadi penting bahkan super penting untuk mencatak pegawai yang memiliki loyalitas, integritas dan totalitas dalam bekerja. 

Namun dengan adanya Pandemi ini peta persaingan justru semakin tidak jelas dan ambigu, jika Pertamina awalnya jelas melawan persaingan dengan Shell dan Petronas justru sekarang yang dihadapi adalah sebuah era distrupsi yang tidak bisa terbayangkan sebelumnya, yaitu mobil listrik. Tidak terpikirkan oleh kita lebih detail bahwa kedepan sangat mungkin bahan bakar mobil kita bukan lagi bahan bakar fossil namun adalah listrik yang diteleitilebih hemat dan lebih ramah lingkungan. Jika ini benar-benar terjadi maka PERTAMINA harus menyiapkan kembai pengambagan SDM yang berbeda. 

Disinilah tentu saja peran pengembangan SDM menjadi penting seperti fungsi awalnya Manajemen SDM yaitu P-O-A-C (Planning-Organizing- Actuating dan Controlling) ,  sementara pengembangan SDM sendiri untuk membantu karyawan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan pribadi dan organisasi. Pengembangan SDM pada sebuah perusahaan akan dimulai dari proses onboarding, pengadaan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dengan kelas atau kursus dan seminar, penyediaan tool yang bisa membantu pekerjaan karyawan dan sebagainya. Pengembangan sumber daya manusia sangat penting untuk setiap organisasi yang ingin menjadi dinamis dan berorientasi pada pertumbuhan. Karena tujuan utama dari pengembangan SDM adalah untuk meningkatkan kualitas para pekerja atau manusia melalui program pendidikan dan pelatihan agar menciptakan sebuah produk yang berkualitas dan mampu memajukan perusahaan atau organisasi.

Dengan kata lain bahwa SDM adalah kunci sukses sebuaah perusahaan bisa memiliki daya saing termsuk di era VUCA seperti ini, jika perusahaan lemah dan lengah dalam hal ini itu sama saja perusahaan sedang membiarkan dirinya sedang mundur teratur oleh distrupsi yang ada. Jim Collins dalam bukunya Good to Great pernah mengingatkan kita bahwa "hati-hati SDM yang good , karena akan sulit menjadi Great, karena musuh terbesar Great ketika dirinya merasa Good", serupa dalam The7Awareness bahwa "kesuksesan di masa lalu dalam SDM bisa akan membuat tertinggal di masa depan". Dalam pandangan The7Awareness leadership disampaikan bahwa ada 3 jenis SDM yaitu SDM unggul di masa lalu, di masa sekarang dan di masa depan. Inilah pentingnya pengembangan SDM agar unggul di masa depan. 

Hubungi NAQOY CENTER 021- 75872807, 081905666479, 087878289001 






PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]