Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


 
“Seberat apapun tekanan yang anda miliki,
jangan lepaskan antusiasme”
-Master  Trainer the7 Awareness-

Antusiasme yang ada dalam hati
T
ahun 1928 ketika pemuda-pemudi Indonesia sedang menghadapi penjajah, meskipun tekanan dan kesulitan ada dalam dirinya mereka tetap memiliki satu hal yakni antusias. Pemuda pada waktu
itu selalu menggetarkan jiwa sambil berkata ”merdeka, merdeka,merdeka”, antusiasme yang mereka lontarkan mampu membuat asmosfir yang kuat diantara satu dengan yang lainya. Dengan antusiasme yang luar biasa melahirkan kemenangan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
            Mari, kita bicara tentang latihan kita yang kesembilan yaitu antusiasme. Kalimat antusiasme adalah kata yang indah, berasal dari bahasa Yunani “enthousiazein” memiliki arti (dimiliki oleh Tuhan) dan etheos (Tuhan menyemangati). Adapun terjemahan harfiahnya adalah Tuhan di dalam diri kita, dan empat huruf terakhir dari antusiasme (enthusiasm), IASM adalah singkatan dari I Am Sold Myself : Saya memasrahkan diri. Pada saat anda antusias kepada sesuatu justru artinya anda memasrahkan diri dan hanya kekuatan dari Tuhan yang merubahnya, dari yang tidak mungkin menjadi mungkin.
            Saya ingin bercerita kepada anda tentang antusiasme, kedua anak saya Zaara dan Zyvaa (kembar) memiliki boneka lebah bernama Neo, kadang-kadang boneka ini sering sekali dibawa dalam tas anak saya ketika ia berangkat kesekolah TK didaerah serpong Tang Sel(Tangerang Selatan). Saya ingin menjelaskan tentang lebah kepada anda, Lebah bahkan terekam dalam al-Quran (An-Naml), lebah adalah binatang yang sangat antusias sekitar kita. Pada waktu musim kemarau, ia adalah binatang yang paling pertama keluar dan paling akhir tidur di malam hari. Sepanjang hari ia hanya memfokuskan pada tujuanya, mengumpuklan cairan dari bunga-bunga untuk membuat madu. Sepanjang musim kemarau lebah bisa terbang hingga 1.600 km seminggu, ini adalah sebuah prestasi kalau Anda ingat bahwa, secara umum, lebah hanya berukuran panjang sekitar 2,5 cm.
            Fakta yang sungguh mengherankan, adalah bahwa lebah seharusnya tidak mampu terbang sama sekali. Saya pernah terkejut dengan sebuah bukti ilmiah yang secara meyakinkan menunjukan bahwa lebah seharusnya tidak mampu terbang sama sekali. Ukuran sayap lebah tidak proporsional untuk ukuran tubuhnya-sayap tersebut terlalu kecil dan ringan. Tubuhnya terlalu bulat, gemuk dan berat. Bentuknya sama sekali tidak menunjukan kesusuaian untuk terbang. Lalu pertanyaanya adalah bagaimana bisa lebah bisa terbang, menurut hemat saya lebah hanya berusaha untuk melakukanya-dengan antusiasme. Jadi, Anda lihat ini adalah bukti bahwa “segala sesuatu adalah mungkin bagi mereka yang percaya”.
            Dalam buku Tough Times Never Last, But Tough People Do !, Dr.Robert H.Schuller menulis “Yakinlah dengan keyakinanmu dan ragukan keraguanmu”. Itulah gambaran tentang keyakinan yang dimiliki oleh lebah. Antusiasme  berhubungan dengan 3 hal yaitu ABC (ATTITUDE, BELIEFE, CONVICTION( SIKAP, KEYAKINAN, PENDIRIAN).
§  ATTITUDE, Inilah  yang  membuat antusiasme kita tidak pernah luntur meskipun ada banyak tantangan dan ujian. Sikap positif akan menentukan hidup yang positif sebaliknya sikap negative juga akan menuntun kita kepada kehidupan negatif. Saya sering berbagi cerita tentang sebuah 3 orang tukang bangunan yang sedang bekerja, seorang kakek bertanya kepada ketiganya, pertanyaan kakek adalah “Lagi ngapain?”. Yang pertama ketika ditanya sambil membawa semen menjawab “ emang ga lihat lagi apa, yah lagi bawa semen” katanya.
Lalu sang kakek bertanya kepada pekerja kedua, ketika ia sedang membawa kayu besar dipundaknya, ia menjawab “ saya lagi kerja, cape ditanya terus” katanya. Sementara sang kakek melihat ada seorang pekerja yang terakhir sambil membawa bata yang sangat banyak ia bersiul dan bernyanyi, ketika ditanya ia menjawab “Saya sedang membangun rumah Tuhan” katanya. Jadi, sikap kita menentukan antusiasme yang luar biasa. Ketika saya selama kuliah pernah menjadi agen asuransi, meskipun dalam posisi yang belum nyaman, saya memiliki antusiasme yang kuat setiap keluar dari tempat tinggal saya, dalam benak otak saya ada satu rumus “Setiap orang yang saya temui adalah rizki untuk saya”.
Hati-hati dengan sikap anda, dalam sikap anda ada energi besar yang akan menentukan hidup anda. Sikap positif dalam menjalani tugas dan pekerjaan anda, jika anda menginginkan antusias selalu dalam hidup anda, jangan pernah memiliki sikap buruk atau negatif.
§  BELIEFE, keyakinan kita terhadap apa yang kita sedang kerjakan menunjukan antuasis kita. Jika anda mengerjakan pekerjaan anda sendiri namun hati anda sendiri tidak yakin maka hanya masalah waktu saja anda akan berhenti. Keyakinan anda akan membentuk masa depan anda. Orang bilang “melihat adalah percaya” namun saya mengatakan sebaliknya “ Percaya adalah melihat”. Jika kita percaya, berarti kita melihatnya, dalam training The7Awareness sendiri, melihat bukan hanya dengan mata akan tetapi melihat juga bisa dengan hati yang cerah.
“Melihat dengan mata akan terbatas dengan apa yang ada di hadapan kita, melihat dengan hati akan menembus apa yang ada dibelakang tembok yang kita lihat”.
Antusiasme anda juga harus diukung oleh keyakinan yang besar, mereka orang-orang yang memiliki antusias yang tinggi adalah mereka yang memiliki keyakinan di atas rata-rata. Dalam training The7Awareness dikatakan bahwa “Kita dapatkan sebesar apa yang kita yakini”.
§  CONVECTION, inilah yang terakhir menunjukan bahwa anda antusias dalam segala hal. Anda tergantung pendirian anda, ada banyak orang yang mudah goyah pendirianya ketika ada hambatan dalam perjalanan. Salah satu peserta training saya bernama Aries berkata kepada saya “Awalnya saya mudah putus asa, menyerah dan kalah bahkan kadang-kadang saya adalah pribadi yang menurut orang lain mudah goyah dalam pendirian saya, setelah ikut training the7awareness saya memiliki pendirian yang kuat dalam hidup saya”.

Antusiasme yang  menciptakan perubahan

"Hidup itu pilihan. Tapi untuk memilih yang baik, Anda harus tahu siapa diri Anda dan apa yang Anda perjuangkan, ke mana tujuan Anda, dan mengapa Anda ke sana."

Kofi Annan, diplomat Ghana, peraih Nobel Perdamaian 2001"


Mental positif sangat erat hubunganya dengan antusiasme, MENTAL POSITIF melahirkan ACTION, AKSI (ACTION) berarti melakukan; mengubah naksud baik anda menjadi aksi dalam gerekan (ACTS in moTION). Dalam pandangan saya, ada tiga tipe orang dalam mental positif untuk mewujudkan impianya yaitu :
§  Orang yang membuat sesuatu terjadi
§  Orang yang melihat sesuatu terjadi
§  Orang yang berangan-angan sesuatu terjadi
Orang yang membuat sesuatu terjadi adalah orang-orang yang mempunyai rencana, stategi, metode untuk meraih sukses dan peningkatan diri melalui penyusunan rencana. Dalam training saya, ada 10 langkah untuk menyusun rencana dan melaksanakan rencana tersebut. Benjamin Franklin “Dilakukan dengan baik, lebih baik alih-alih dikatakan dengan baik”. Mengutip istilahnya, maka melakukan akan lebih baik bila hanya dikatakan saja. Jadi, saatnya anda melakukan sahabatku bukan hanya membicarakanya.
1.     Tulislah langkah Anda di atas kertas, jangan remehkan catatan anda. Sifat kita yang pelupa akan mendorong anda menjadi pribadi yang malas untuk mencatat. Milikilah agenda khusus untuk hidup anda sahabatku.
2.     KISS (Keep Is Sort and Simple / Singkat dan Sederhana), jangan menulis berlembar-lembar, justru sebaliknya anda harus menulis sederhana mungkin, penuh gambar dan mudah dibaca.
3.      Tujuan haruslah hasrat yang luar biasa, banyak impian kita selama ini, akan tetapi ada banyak impian yang jika dipilih dan diperas kembali adalah impian yang memiliki hasrat yang kuat.
4.     Realistislah, tetapi pada saat yang sama, optimislah, tujuan (impian) harus ada sesuatu yang harus anda perjuangkan.
5.     Buat tujuan yang spesifik, tujuan harus jelas dan specifik. Semakin tujuan anda tidak jelas, maka semakin akan memudarkan fokus anda.
6.     Mulai bekerja, jangan banyak bicara, saatnya anda melakukan perubahan untuk ACTION. Banyak orang yang ingin melakukan liburan, mereka lupa bahwa liburan yang nikmat apabila anda telah berhasil dalam pekerjaan anda. Jangan biarkan kebiasaan menunda anda lakukan karena sekaranglah saatnya anda melakukan pekerjaan anda.
7.     Pantau, tinjau kembali dan sesuaikan jika perlu, jangan sungkan-sungkan lakukan perubahan jika impian anda terlalu tinggi atau sulit dijangkau. Lakukan pemantauan kembali bahkan jika perlu segera lakukan perbaiakan.
8.     Simpan mereka dalam hati anda, banyak dari kita memiliki impian kuat karena memiliki banyak orang yang membenci dirinya atau melakukan fitnah, anda jangan menyimpan dendam kepada mereka namun anda simpan mereka di hati anda, sebagai motivasi anda kedepan.
9.     Susun tujuan dalam waktu yang berbeda, Memiliki banyak tujuan yang realistis adalah bagian dari program kita, jangan lupa satu hal bahwa jangan satukan waktu untuk mencapai tujuan anda. Sebaiknya tujuan anda dilakukan dalam jangka waktu yang berbeda untuk mempermudah anda sendiri.
10. Berkonsentasilah untuk mendobraknya, seperti halnya pembalap yang memiliki persiapan untuk membawa kendaraanya, memiliki konsentrasi penuh adalah hal yang terbaik dalam usaha anda. Bersiaplah untuk mendobraknya.















































PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]