Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


Tim adalah kumpulan orang yang apabila bergabung dalam sebuah tim akan memiliki kebutuhan tertentu yang mencakup; komunikasi yang efektif, mendengarkan aktif, menyelesaikan konflik yang muncul, dan menjaga motivasi diantara anggota tim (Chang, 2001:3). Sedangkan tim kerja adalah kelompok di mana individu menghasilkan tingkat kinerja yang lebih besar daripada masukan individu tersebut (Robins, 2006:358). Secara umum tim kerja juga dapat didefinisikan sebagai kelompok formal yang terdiri dan individu-individu terpisah dan bertanggung jawab atas tercapainya suatu sasaran (Robins, 2006:356). Tujuan dibentuknya tim adalah agar pekerjaan yang dilakukan dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien dibandingkan apabila pekerjaan tersebut dilakukan secara sendiri-sendiri. Mangkuprawira (2010) menjelaskan beberapa ciri-ciri yang mencerminkan ketangguhan suatu tim dapat dilihat dari adanya koordinasi dari pimpinan dan kesadaran staf bahwa mereka merupakan bagian penting dari tim. Budaya organisasi adalah keyakinan bersama dan nilai bersama yang memberikan makna bagi anggota sebuah institusi dan menjadikan keyakinan dan nilai tersebut sebagai aturan atau pedoman berperilaku di dalam organisasi.

Teamwork bukan sekadar bekerja sama dengan tim, tapi bagaimana tim bisa bekerja sama dengan baik demi kepentingan bersama, bukan pribadi. Untuk mencapai kerjasama tim yang baik bukanlah hal mudah, perlu ditumbuhkan sikap positif di antara anggota dalam sebuah tim. Hal ini disebabkan karena masing-masing individu memiliki ide, opini, dan kemauan yang berbeda-beda, sehingga konflik atau benturan dalam sebuah teamwork seringkali tidak terhindarkan. Bagaimana cara membangun teamwork yang solid untuk memberikan performa yang terbaik?

  1. Coaching

        Coaching merupakan pembinaan yang dilakukan oleh leader kepada anggota tim. Tujuannya                    adalah untuk memberikan orientasi realitas dan membantu mengatasi hambatan dalam pekerjaan


        2. Character

        Setiap SDM dalam sebuah perusahaan tentu memiliki karakter yang berbeda-beda. Setiap leader             wajib untuk bisa mengetahui hal ini. Tujuannya adalah agar leader tahu langkah mana yang paling           tepat untuk melakukan pendekatan kepada setiap anggota.


       3.Communication

      Komunikasi yang baik akan memudahkan tim dalam berkoordinasi, bekerja sama, dan bertukar             informasi. Hasilnya, mereka tak akan merasa terbebani untuk menemukan langkah efektif dalam             mencapai goals yang ingin dicapai oleh perusahaan.


     4.Commitment

    Komitmen dari SDM dapat menentukan loyalitas dan kinerja mereka di perusahaan. Jika sudah             memiliki komitmen, mereka tentu akan lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.


     5.Contagious Energy

    Maksud dari contagious energy adalah energi positif yang menular. Motivasi kerja yang diberikan         oleh leader kepada anggota tim dapat membuat mereka lebih semangat dan percaya diri untuk                 menunjukkan performa optimal .


     6.Caring

      Sikap peduli di lingkungan kerja akan membuat SDM bisa selalu mendukung satu sama lain.                    Mereka tidak akan segan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan agar bisa mencapai                     kesuksesan yang diharapkan. 


     7.Consistency

        Konsistensi adalah wujud pertanggungjawaban terhadap nilai-nilai yang berlaku di perusahaan.             Jika         hal ini sudah tertanam di dalam diri anggota tim, mereka tentu bisa membangun kerja             sama yang     solid untuk mewujudkan kesuksesan berkelanjutan bagi perusahaan.

      Informasi Training bersama Naqoy Center Hub 087878289001 

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]