Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


Rahasia Ketenangan Hati
Untuk hidup kita semua butuh air.
Dan untuk hidup yang bermakna kita butuh ketenangan hati
NANANG QOSIMYUSUF (NAQOY)


Dalam buku The 7 Awareness, ada sebuah kisah inspiratif yang selalu saya sampaikan ketika saya sedang memberikan training.
Di sebuah kota di Inggris, terdapat seorang anak perempuan yang berusia 10 tahun yang memiliki bakat hebat dalam menari. Keberhasilannya telah diakui masyarakat sekitar. Beberapa kali ia berhasil membawa piala baik dari perlombaan di sekolahnya atau di kota dimana dia tinggal.
Namun kehidupannya berubah ketika ia mendengar ada seorang maestro tari akan mengadakan pergelaran tari di kotanya.  Dengan antusias anak kecil ini menunggu hari yang tepat untuk melihat pergelaran tari berskala internasional tersebut. Bertemu dengan sang Maestro adalah impian terbesarnya saat itu.
Tibalah waktu yang ia tunggu. Setelah menyaksikan tarian yang luar biasa, dia langsung menemui sang Maestro. Saat berhasil bertemu sang Maestro, anak kecil yang pintar ini meminta izin untuk memperlihatkan tariannya. Selama kurang lebih 10 menit ia menari.
Lalu, dia menunggu komentar dari Sang Maestro. Namun apa yang ia dapatkan? Maestro bukan memberikan komentar, akan tetapi justru meninggalkan anak kecil ini dan masuk kedalam ruangannya.
Hati anak kecil ini rasanya hancur, apa yang ia banggakan tenyata tidak ada artinya. Tarian yang selama ini indah di matanya dan juga di mata orang lain kini dirasakan hanyalah ilusi dan kebohongan saja. Buktinya sang Maestro bahkan tidak memberikan komentar apapun kepadanya.
Setelah kejadian yang menyakitkan tersebut, dia membuang semua piala dan putuskan untuk tidak lagi menjadi penari untuk selamanya. Dia hapuskan mimpi-mimpi besarnya untuk menjadi penari hebat. Selama lima belas tahun ia menghancurkan mimpinya.
Ketika ia berusia 25 tahun, ia mendengar akan diadakan acara tarian yang akan dipimpin oleh sang maestro lagi. Dia ingin bertemu dengan sang maestro yang menurutnya punya hutang penjelasan. Rasa penasarannya begitu besar.
Saat bertemu dengan sang maestro tari, dia memperkenalkan diri agar sang Maestro mengingat kembali apa yang dulu pernah dilakukan kepadanya.
“Mengapa anda membiarkan saya seperti sampah yang tidak berguna. Anda pergi tanpa kata-kata apapun kepada saya. Padahal saya telah melakukan yang terbaik kepada anda. Apa yang telah anda lakukan? Anda telah mengubur semua impian saya yang telah saya bangun bertahun-tahu. Anda lihat sekarang saya tidak lagi jadi penari,” tanya gadis itu.
Setelah teringat kembali peristiwa itu, sang Maestro menjawab. “Wahai perempuan, tidak pernah saya lihat tarian sehebat anda. Dulu itu  saya masuk ke ruang saya untuk mencari kartu nama. Sejujurnya saya katakana bahwa anda adalah adalah penari masa depan yang luar biasa” katanya.
Itulah kekuatan hati sekaligus kelemahan hati kita. Ia senantiasa bolak-balik, terus menerus membolak-balikan hati ini, sehingga kadang-kadang hati ini selalu ragu dan cemas. Bahkan hati selalu menjadi tema yang menarik dari dulu sampai sekarang. Banyak orang yang gagal karena hatinya, dan juga sebaliknya banyak orang sukses karena memiliki hati yang luar biasa. Hati menjadi ukuran bagi setiap pribadi kita dalam mencapai kesuksesan.
Dalam pandangan The7Awareness, hati manusia memiliki tiga kualitas di zaman yang modern seperti ini.
Pertama, hati yang mati. Jika kualitas kita adalah hati yang mati, maka kita akan sulit untuk menjadi manusia di atas rata-rata. Hati yang mati tidak lagi mampu mendengarkan suara kebenaran bahkan jika hati kita mati, maka kita akan merasa yang paling benar, apa yang pernah terjadi dengan mereka yang mengingkari Tuhan adalah mereka yang memiliki hati yang sudah mati. Hati yang mati membuat dirinya terasa dalam kegelapan yang sangat lama, dalam kegelapan itulah ia sebenarnya merasa tidak bahagia dan penuh dengan penderitaan.
Adapun ciri dari mereka yang memiliki hati yang mati adalah mudah menyerah, depresi atau stress, kehilangan semangat hidup, melihat dunia membenci dirinya, amarah dan kebencian menguasai dirinya, Suka berbuat dzolim baik kepada dirinya maupun kepada orang lain, dan Kehilangan iman (keyakinan) kepada Tuhan .
Kedua, hati yang sakit. Rasa sakit hati ini membuat dirinya menjadi pribadi yang berubah-ubah. Bukan hanya orang lain bahkan dirinya sendiri mengalami kesulitan memahami dirinya sendiri. Hati yang sakit penuh dengan penyakit-penyakit hati yang membuat potensi luhur kita hilang dan justru yang muncul adalah sisi gelap. Jika hati yang mati yang dominan adalah wajah gelap kita.
Adakalanya hati yang sakit ini ini positif, namun dalam waktu yang tidak terduga bias berubah negative. Ketenangan hati dalam hati yang sakit bukanlah ketenangan sejat. Bahkan sebenarnya adalah ketenangan yang semata-mata berdasarkan materi, yang hilang pada saat kita tidak atau kurang dalam materi (harta) yang kita kumpulan.
Mereka yang memiliki kualitas hati yang sedang sakit ini masih bisa berubah, jika senantiasa berkumpul dengan orang-orang baik atau positif. Bergabung dengan komunitas kesadaran yang mendukung hatinya untuk berubah, atau ikut training yang membuat hatinya teduh dan memiliki ketenangan yang tinggi.
Adapun karakter dari hati yang sedang sakit adalah mudah tersinggung dan marah. Terkadang optimis sekaligus pesimis. Iri dan tidak suka melihat keberhasilan orang lain. Memiliki impian yang mulia tapi peragu. Berwawasan tinggi namun rapuh, dan sering melihat kesalahan di masa lalu.
Hati yang sakit masih ada kesempatan jika ingin melakukan perubahan,dengan kuncinya adalah dirinya sendiri. Saya sering bertemu peserta training yang sejak awal membuka hatinya, maka ia akan lebih cepat menemukan pencerahan. Terkadang saya juga sering bertemu peserta yang membuka hatinya di bagian tengah training, maka ia mendapatkan bagian tengahnya.
Ada pula peserta yang membuka hatinya pada saat detik-detik terakhir training. Seorang crew saya berkata “Seandainya ia membuka hati sejak awal, maka perubahan jauh lebih hebat dari sebelumnya”. Terkadang, hati yang sakit bisa membuat sulit untuk merendahkan hatinya.
Yang ketiga, hati yang sehat. Inilah pondasi manusia yang utuh. Ketika hati kita sehat, maka kita akan memiliki pondasi yang kuat dalam menjalani kehidupan ini. Dalam pandangan The 7 Awareness mereka akan mudah menemukan OMA (One Minute Awareness). Coba anda lihat permainan jongkat jangkit, jika ditekan sebelah kanan, maka sebelah kiri akan naik, dan begitupun sebaliknya.
Hati yang sehat (salim) akan menuntun kita untuk menjadi Manusia Di Atas Rata-Rata. Mereka adalah orang yang memiliki ketenangan hati yang luar biasa. Adapun karekter dari mereka yang memiliki hati yang sehat adalah selalu positif dalam keadaan apapun. Ikhlas dan mudah memaafkan, ceria dan bahagia, semangat, tidak mengenal putus asa dan menyerah. Selalu berpikir solusi bukan berpikir masalah dan selalu terhubung dengan Tuhan
Itulah gambaran tiga kualitas hati manusia. Meski kita satu warna kulit atau satu keluarga namun hati kita tetap tidak pernah sama. Dalam The7Awareness, saya sering mengingatkan tentang “SATU NASAB NAMUN BEDA NASIB”. Hati kitalah yang menentukan masa depan kita sendiri. Penegasan ini sendiri telah digambarkan dalam Al-Quran: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan sebuah kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya”.
NAQOY-Founder dan Master Trainer The7Awareness, penulis buku The7Awareness dan mega best sellers OMA dan pemecah rekor MURI.

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]