Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


Tahun baru 2018 tadi malam telah dilewati oleh kita Bersama, ada banyak cara melewatinya, teman saya memilih melewati malam tahun baru dengan berkumpul Bersama rekan dan tetangganya di masjid, teman saya yang lainya memilih pulang kampung untuk menikmati waktu yang indah Bersama kedua orang tuanya yag amsih sehat, sementara ada teman saya juga yang merayakan dengan pergi ke sebuah tempat baik dalam kota maupun luar kota Bersama keluarganya, ada juga teman saya memberitahu malam tahun barunya merenung di kamar sendiri, bahkan ada cara unik dari teman saya yang setiap tahun baru selalu penampilan rapih dan keren, memakai wangi-wangian dan berdandan sangat rapih, ketika saya tanya “emang mau pergi kemana?” dia menjawab sambal tertawa “pergi tidur”. Banyak yang bingung melihat tingkah teman saya yang memilih tidur dengan penempilan seperti akan pelesiran ke luar kota namun akhirnya saya memahami tentang filosofis kehidupanya yaitu bahwa awal tahun 2018 kalau bisa dimulai dengan bahagia dan menyenangkan, mengapa tidak dilakukan.
              Hal ini sejalan dengan konsep The7Awareness yang ditulis sejak tahun 2006 yaitu sebuah konsep bagaimana memaknai hidup diatas rata-rata dangan psikologi 3
T yaitu Tafakkur, Tadabbur, Tasyakkur. Ketika 3 T ini dijalani dengan benar dan baik maka hasilnya adalah kesuksesan yang bukan hanya rata-rata namun diatas rata-rata. Sukses rata-rata pada umumnya adalah sukses disalah satu aspek saja, misalnya ada teman saya sukses dana kaya secara materi, rumahnya mewah dan perusahaanya banyak namun dirinya tidak bisa menikmati kesuksesan karena sakit dan dilarang makan yang serba beresiko. Sementara teman saya dikampung sebaliknya badanya selalu sehat, tiap hari ke sawah dan lading dengan semangat namun secara materi tidak bisa menikmati nikmatnya dunia, hidupnya sebatas rumah dan sawah saja. Sukses diatas rata-rata adalah “Dynamic Interplay” sesuatu yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainya. Kesuksesan yang menyangkut 5 aspek kehidupan yaitu kesehatan, keuangan, keluarga, karir, usaha, mental dan spiritual.
              Tahun baru 2018 ini bisa menjadi momentum sukses diatas rata-rata pada saat kita menggunakan pendekatan 3 T, mari saya bahas satu persatu agar tahun baru anda kali ini menjadi “quantum life” sukses dan lebih bahagia.
1.     Tafakkur, salah satu keberhasilan orang-orang sukses adalah senantiasa bisa membaca cermin dirinya sebagai evaluasi. Tahun baru 2018 adalah hari terbaik kita melakukan tafakkur sepanjang tahun lalu 2017, ada sebuah pertanyaan sederhana namun memiliki daya magnet luar biasa, coba saja anda menjawabnya ketika sedang tenang atau bisa ditengah malam setelah sholat malam. Pertanyaanya adalah sebagai berikut “Mengapa saya belum mendapatka apa yang saya inginkan?”. Itulah pertanyaan penting dalam tafakkur, mari kita ambil contoh mungkin anda ingin memberangkatkan ibu naik haji atau umroh, tapi kenyataanya sampai tahun 2017 akhir tidak berhasil, maka bertafakkurlah. Mungkin anda ingin membebaskan hutang keluarga dengan rezeki yang anda miliki namun sampai desember tanggal 31 kemarin masih saja sebatas angan-angan, mungkin anda ingin bisa memiliki waktu yang luang untuk sholat malam namun sampai akhir tahun kemarin tetap saja malas untuk bangun malam, maka anda membutuhkan “tafakkur”. 
Jawablah pertanyaan saya diatas tadi dan susunlah dengan jujur maka jaawabnya ternyata semuanya kita mengetahuinya.Dalam tafakkur ada kejujuran nurani anda menjawab pertanyaan sendiri, inilah yang terberat namun yang termudah dan terbaik jika bisa dilakukan oleh kita semua. Jika “tafakkur” dijawab dengan kebohongan dan pembelaan maka hasil dari tafakkur belum tentu benar. Tahun baru 2018 sangat baik jika dimulai dari kejujuran dan kesungguhan mengubah hidup anda menjadi lebih baik.  Pertanyaanya adalah beranikah anda melihat diri anda dengan jujur lebih dekat dan lebih apa adanya, karena hakikatnya kita selalu menggunakan topeng-topeng (personality) yang membuat kita bisa bermain peran dalam banyak hal. Ketika pondasi pertama telah kita menangkan maka pondasi kedua menjadi sangat penting yaitu tadabbur.

2.     Tadabbur, ketika tafakkur telah berhasil melahirkan dan menemukan titik lemah kita dan tentu saja titik baik yang kita miliki maka langkah berikutnya adalah apa yang disebut adalah ‘out of the box”. Allah SWT memberikan banyak tanda-tanda ‘sign” untuk hamba-hambaNya yang disebut “Ulul Albab”, mereka berhasil menemukan One Minute Awareness ditahun baru 2018 ketika berkumpul Bersama keluarga, ketika mendengarkan orang tua berbicara, atau ketika anak-anak mereka bicara Panjang lebar tentang hidup yang indah. Tadabbur bukan hanya belajar kepada sesame manusia namun juga bagaimana hati kita bisa membaca dan melihat kebesaran Allah melalui alam semesta yang kita saksikan. Saya bertadabbur di malam tahun baru semalam dengan anak-anak saya di Sentul dengan melihat rumah-rumah kumuh disamping bangunan mewah (hotel), saya bicara dengan mereka bahwa “walaupun tanahnya sama, namun dengan ilmu semuanya bisa berubah, ilmu itu bisa juga ilmu dunia yaitu uang, dengan uang ternyata ada bangunan yang bagus dan ada bangunan yang buruk, sejalan dengan hadis Nabi bahwa “kalau kau ingin bahagia di dunia maka kuasai ilmu dunia, kalau kau ingin bahagia akhirat maka kuasai ilmu akhirat, kalau kau ingin bahagia dua dunaya maka kuasai ilmu dunia dan akhirat”.  Saya bertadabbur dari lingkungan disini, mungkin anda juga bertadabbur dengan apa yang anda lihat di tahun baru ini.

3.      Tasyakkur, ketiga inilah puncaknya, kisah teman saya yang tidur dengan penampilan seperti mau pergi ke luar kota menunjukan kepada saya bahwa tahun baru itu harusnya kita membuang beban yang lama dan diganti dengan jiwa yang baru, symbol dirinya adalah pakaian bagus (baru), karena banyak orang walau tahunya sudah berubah namun dirinya masih tetap sama di tahun sebelumnya. Sifat,watak, tempramen buruk inilah yang harus diganti ditahun 2018 ini agar kita bisa merasakan bahwa tahun ini memang baru, bukan hanya tanggalnya namun hidup kita lebih baik lagi. Tasyakkur melatih kita untuk menjadi hamba-Hamba Allah yang banyak bersyukur dan bisa melihat setiap sisi adalah kebaikan dan keindahan. Dalam training The7Awareness saya menyebutnya sebagai ‘afirmasi haqul yaqin”, maka jangan relakan tahun baru ini diisi oleh sampah-sampah negatif yang ada dalam pikiran kita, saatnya kita menjadi pribadi yang mengaplikasn rasa syukur dalam setiap keadaan.


Tak terasa sayapun harus mengakhiri tulisan saya menjelang dzhuhur ini, harus kembali ke NAQOY POINT CENTER Serpong, memeluk istri dan tiga putri cantik dan mengucapkan tasyakkur kepada Allah karena memiliki mereka dengan kalimat “alhamdulillah Ya Allah atas nikmat dan anugrah yang luar biasa ini”.

Training dan seminar Bersama NAQOY Hub (021) 75872807, 081905666479, 081287475463 Email rumahkesadaran@ymail.com klik www.the7awareness.com

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]