Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]



Setiap hari jumat pukul 10.00-11.00 saya luangkan waktu untuk menyapa sahabat say di Up Radio Semarang dengan program Up Awareness, sebuah program untuk memberikan motivasi serta inspirasi kepada pendengar yang tersebar di berbagai penjuru di Indonesia, bahkan program ini di siarkan langsung melalui akun IG saya @Naqoy sehingga dimanapun m
ereka melihat bisa bertanya. Salah satu penelpone di radio bertanya kepada Host saya ‘mba Santi’ “ Nama saya Arum, saya ingin bertanya kepada Pak Naqoy, bagaimana caranya agar rasa galau saya hilang dan berubah menjadi rasa berani, setiap saya mau melangkah baik usaha ataupun dalam dunia Pendidikan, seringkali rasa takut yang lebih dominan sehingga saya merasa tidak bisa dan tidak pantas” katanya.
            Saya menjawab seperti ini “Mba Arum yang baik, dalam buku The7Awareness dijelakan bahwa ketakutan yang besar, hanya bisa dikalahkan dengan keberanian yang jauh lebih besar lagi, rasa khawatir, takut dan cemas adalah sesuatu yang wajar saja karena sebagai manusia jutsru kita memang harus memiliki perasaan yang tadi mba arum sampaikan, hanya saja tidak berlebihan. Ketika kecemasan, ketakutan terlalu berlebihan membuat kita akhirnya terlalu fokus ke itu semua membuat semuanya menjadi sulit dan seperti terhadang oleh bayang-bayang sendiri, solusi dari saya pertama adalah lawan dengan action, walau kecil dan biasa jika terus menerus hasilnya akan luar biasa. Kedua fokus kepada hasil akhir, bayangkan jika apa yang mba arum lalukan berhasil dampak bagi oraang tua seperti apa, tentu saja bahagia, hasil akhir itulah yang harus menguasai pikiran kita sehingga bisa menikmati prosesenya, jika kita tidak bisa melihat hasil akhir maka proses yang melelahkan dan menyakitkan akan semakin kita hindari dan pada ujungnya tidak pernah berhasil”.
            Lalu saya meneruskan jawaban “ketiga adalah yang sangat penting, kenalilah rasa takutmu, karena ketika kenali dengan cara bertanya ke dalam diri, apa yang membuat saya takut dan cemas?” seringkali jawabnya adalah bahwa semuanya itu hanya klise,alasan dan bukan bagian dari kesungguhan”. Dalam bukuThe7Awareness ada sebuah kisah ketika ada seseorang yang kecewa dengan kehidupanya, lalu memutuskan untuk terjun ke danau, namun ketika mau terjun ke danau ada pemandangan yang menarik pikiranya yaitu ada seekor anjing yang kehausan berlari cepat sekali, hanya saja anjing ini membatalkan karena ternyata di dalam air sudah ada anjing yang sama dan meniru gayanya, akhirnya anjing kembali duduk dan menahan rasa hausnya, sekitar satu jam berikutnya anjing ini akan mengambil air di danau namun tidak berani lagi karena masih ada anjing yang sama persis menunggunya di bawah, kedua kalinya anjing ini duduk kembali dan menunggu anjing di dalam danau itu pergi. Rasa hausnya sudah tidak bisa ditawar lagi, maka segera anjing ini lompat dan turun menyeburkan dirinya dalam air dan ‘prak,prak”, anjing yang ada dalam airpun mendadak hilang dan tidak ditemukanya lagi.
            Banyak diantara kita seperti metaphor tersebut, ketakutan-ketakutan yang justru diciptakan oleh pikiran kita sendiri secara berlebihan, saya memiliki seorang sahabat yang setiap ide dan usahanya selalu didukung oleh keluarganya di Bandung, bahkan saudaranya yang lebih sukses mengatakan bahwa mau bisnis apa saja tinggal katakana nanti semua biaya disiapkan, ketika bertemu dengan saya justru dia katakan “saya justru takut mengecewakan mereka, dalam diri saya merasa tidak yakin dengan apa yang saya jalani”. Apa yang dialami oleh teman saya adalah ketakutan yang berlebihan sehingga dalam pikiran dan hatinya yang ada adalah hanya ketakutan dan kecemasan yang terus menerus.
            Bagaimana cara melatih keberaniaan, dalam hal ini saya menyusun minimal ada 4 cara melatih keberaniaan dalam hati yaitu :
1.      Rubahlah kebiasaan biasa dengan menjadi kebiasaan luar biasa. Jangan biarkan kebiasan biasa menjadi karakter anda, jika kita memiliki kebiasaan rata-rata maka kita juga akan memiliki masa depan rata-rata dengan banyak orang. Misalnya anda adalah tipe orang yang suka berkumpul Bersama teman-teman satu hobi di motor 250 CC, jika selama ini waktu nongkrong sampai larut malam, maka kebiasaan tersebut dirubah dengan perbanyak silaturahim atau membaca buku satu jam sebelum tidur.

2.     Berani mencoba sesuatu yang baru. Mencoba adalah hal baru bagi melatih keberanian, setiap orang yang memiliki keberanian akan menemukan cara-cara baru untuk sukses, sejalan dengan sebuah Quotes dalam buku The7Awareness bahwa “Masa depan yang indah milik mereka yang memiliki keberanian”.
3.      Memiliki kekuatan jaringan persahabatan. Agar melahirkan kekuatan kolektif (berjamaah, kuat) maka dibutuhkan Bersama-sama, dengan menambah perhabatan dengan orang-orang baru membuat kita belajar bahwa ada orang lebih sukses dibandingkan kita, ada orang lebih besar masalahnya namun semangatnya lebih hebat dari kita dan juga ada orang yang lebih santai dari kita dan tentu saja ada yang lainya. Jangan sampai seperti yang sering saya bahas dalam training motivasi “jangan sampai temanya 6 L apa itu “lu lagi, lu lagi sampai 6 x”.
4.      Visioner . Mereka yang berani melakukan terobosan adalah karena memiliki keberanian dan keberanian itu ada ketika dalam diri seseorang memiliki visi yang tajam, jelas dan detail. Visi bukan hayalan indah namun tanpa aksi, visi adalah gambar dari masa depan kita, bahkan ada yang menyebutkan bahwa visi adalah kompas sukses seseorang, ketika seseorang tidak memiliki visi maka hidupnya akan kehilangan arah dengan jelas, bayangkan seseorang yang tersesat dalam gurun pasir atau hutan gelap dan tidak memiliki kompas, maka dirinya akan kehilangan arah, manakah yang ke utara dan selatan dan juga sebaliknya. Berbeda dengan seseorang yang memiliki visi maka hidupnya akan memiliki fokus dan mau bekerja keras dengan sungguh-sungguh untuk mengubah angan-anagan menjadi nyata dalam hidupnya.




TRAINING EXECUTIVE THE7AWARENESS ANGKATAN 82

Bergabung yuk ajak keluarga, rekan kerja atau staf anda dalam training 3 hari
Bersama Master Trainer The7Awareness (NAQOY)
Jumat,-minggu, 26-28 Oktober 2018 di NAQOY POINT CENTER (NPC)
HUB (021-75872807, 081905666479, 081287475463 Email rumahkesadaran@ymail.com
Klik www.the7awareness.com


 

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]