Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]



 Menemukan kesenjangan penelitian (Reserach GAP) dan memiliki sarana untuk mengembangkan penelitian yang lengkap dan berkesinambungan atasnya dapat sangat bermanfaat bagi ilmuwan (atau tim ilmuwan), belum lagi bagaimana temuan baru dapat secara positif mempengaruhi seluruh masyarakat kita. Ini bahkan bisa menjadi "amal jariyah dan ilmu manfaaat" yang kelak kita wafat namun masih mengalir bagaikan air kepada pelaku kebaikan tersebut.


Berapa kali anda merasa bahwa anda akhirnya telah merumuskan pertanyaan yang baru dan menarik itu, tetapi kemudian baru ketahuan bahwa itu telah dibahas sebelumnya? Bagaimana cara mengetahuinya, saya menuliskan ada 5 yaitu :
1. Harus bisa memilih topik atau pertanyaan penelitian yang melahirkan motivasi bagi Anda sendiri. Kita semua sudah mengetahui bahwa proses penelitian tidak selalu mudah bahkan cenderung membutuhkan waktu laama dan melatih kesadaran. Kehilangan motivasi dalam tugas penelitian seringkali diremehkan padahal kunci sebuah keberhasilan penelitian adalah MOTIVASI.
2. Temukan kata kunci dan istilah terkait dengan topik pilihan anda: selain menyatukan topik dengan intinya yang penting, ini akan membantu anda dalam langkah berikutnya. Jika kata kunci belum ditemukan akan membuat kita gagal fokus sehingga akhirnya mudah mengalami kebingungan dan menyerah, kata kunci bahkan bisa menjadi petunjuk dalam melalukan peta penelitian lebih mudah dan efektif.
3. Gunakan kata kunci yang sudah dikenali untuk mencari lektur: dari temuan di atas, kenali publikasi yang relevan yang dikutip dalam publikasi tersebut. Penulisan kata kunci yang mudah akan membantu menemukan seberapa banyak jurnal atau penelitian yang sudah dipublikasikan.
4.Carilah topik atau isu yang hilang atau tidak dibahas di dalam topik utama anda.
5. Baca dan baca lagi dengan cara sistematis.
6. Menggunakan tool penulisan seperti :
a.Elsevier’s Scope
b. Google Scholar
c. PubCrawler
d. Feedly
Tentu saja, alat-alat ini mungkin lebih atau kurang efektif tergantung pada bidang pengetahuan. Mungkin ada yang lebih baik lagi untuk topik penelitian anda; Anda dapat belajar tentang mereka dari kolega atau mentor yang lebih berpengalaman. Bahkan ini yang sering dilupakan.

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]