Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]





Covid 19 memiliki banyak meruntuhkan bisnis dengan cara-cara lama, namun mengangkat derajat bisnis dengan cara-cara baru , tidak hanya dunia UMKM namun juga dunia bisnis dan korporasi. Di era digital semuanya menjadi digital termasuk dalam dunia marketing, sebenarnya apa sih maksud dari Digital marketing , para ahli mengatakan seperti ini "Digital marketing, also called online marketing, is the promotion of brands to connect with potential customers using the internet and other forms of digital communication.  Essentially, if a marketing campaign involves digital communication, it's digital marketing. Dari pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa adalah promosi merk untuk terhubung dengan pelanggan potensial menggunakan internet dan bentuk komunikasi Digital lainnya, dengan kata lain bahwa setiap pemasaran menggunakan dunia digital akan disebut Digital Marketing. 


Dunia marketing mengalami evolusi yang signifikan , dari marketing 1.0 sampai ke level marketing 5.0, dalam dunia marketing 1.0 , pada era evolusi marketing 1.0 perusahaan fokus membuat produk-produk terbaik . hal ini terjadi ketika USA di masa itu dalam keadaan ekonomi yang baik, evolusi mulai berubah ketika USA mulai mengalami perekonomian yang tidak sebaik dahulu, disinilah evolusi marketing 2.0  muncul yang menitikberatkan pada customer-oriented.  Pada  era Marketing 2.0 karena setiap customer memiliki needs yang berbeda-beda, Perusahaan pun mulai menciptakan berbagai jenis produk dengan harga yang lebih affordable sesuai dengan sasaran customer yang dituju. 

Yang menarik adalah Marketing di era 3.0, para marketer dituntut untuk menangkap hidden needs dari customer. Bahkan yang menarik kesadaran sosial mulai tumbuh, perusahaan juga harus memperhatikan dampak yang diberikan oleh bisnis terhadap lingkungan sekitar dan komunitas sosial.  Sebenarnya Marketing 1.0 sampai 3.0 adalah marketing era tradisional , kehadiran dunia digital mengubah lanaskap tersebut, ini adalah cikal bakal marketing 4.0 .  Hal ini sampaikan oleh Pakar Marketing International Hermawan Kertajaya dalam Marketing 5.0 Technology for Humanity.

Marketing 4.0 adalah berbicara tentang marketing digital , era ini dikenal dengan New Customer Experience (CX) yang terjadi pada setiap tahapan customer journey. Dalam Customer Jurney ada 5 tahap yaitu (Aware, Appeal, Ask, Act, dan Advocate). Tahap yang masih awal adalah tahap kesadaran (Aware), ketika pelanggan menyadari akan kebutuhanya akan mengejar sendiri produk yang dibutuhkan seperti ungkapan dalam bisnis "jika kuda tidak haus bahkan dipaksa minum tetap saja menolak".  Ketika tahap pertama "sadar" dimulai , tahap berikutnya adalah  "Appeal" , disini daya minat pelanggan mulai tumbuh, sehingga akan mencari tahu dengan bertanya (Ask), jawaban dari pertanyaan pelanggan yang puas akan melahirkan (act), yang menarik adalah bagaimana costumer kemudian merekomendasikan orang lain agar melakukan yang sama (advocate). 

Sementara marketing era 5.0 berbicara tentang New tech dan New CX, Jika era 4.0 marketing lebih fokus kepada teknologi , sementara era 5.0 teknologi dan manusia berjalan seirama, istilah ini disebut New Tech dan New CX, Tentu saja Marketing era 5.0 membuat customer lebih menemukan makna hidup dalam bisnis mereka masing-masing.  Era 4.0 dan 5.0 adalah era modern dengan sitilah Digital Marketing, sebuah era dimana manusia dan teknologi digital tidak bisa dipisahkan sepanjang 24 jam, hal yang sederhana saja adalah ketergantungan manusia dengan internet( wifi) dalam aktivitas sehari-hari. 

Adanya Digital Marketing di era 5.0 ini memberikan manfaat yang lebih optimal dalam dunia marketing untuk kemanusiaan, diantara manfaat digital marketing untuk manusia adalah (1). Lebih mudah menemukan data valid dari riset yang telah disipakan sehingga keputusan mengambil atau membeli sebuah produk berdasarkan riset awal (2). Analisis, cutomer yang akan mengambil keputusan pembelian bisa dengan segera melalukan analisis harga secara adil , sehingga penjual tidak semena-mena menawarkan harga yang seperti didunia yang gelap. (3).Grand Selling , terjadi penjualan yang memudahkan manusia dalam interaksi bisnis  (4). Bukan manusianya yang bekerja keras namun bisnisnya yang bekerja keras untuk manusia (5). Search engine optimization atau SEO adalah berbagai cara yang digunakan untuk mengoptimalisasi mesin pencari.  Dunia digital Marketing kini ada digenggaman tangan, sekarang siapa yang pandai menggunakan jari tanganya dengan baik akan menguasai dunia.   



PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]