Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]



Pengertian budaya kerja disiplinin 

1. Disiplin memiliki 2 pengertian , disiplin  berasal dari kata disiplin berasal dari bahasa Latin discerre yang memiliki  arti belajar. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, disiplin adalah tata tertib (di sekolah, kemiliteran, dan sebagainya) ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan tata tertib dan dan bidang studi yang dimiliki obyek dan  sistem tertentu.   Dengan demikian,  disiplin melatih diri untuk membentuk, meluruskan atau menyempurnakan 

sebagai kemampuan mental atau karakter moral.  Sementara menurut pakar pengertian disiplin diantaranya adalah :

a.  Mohamad Mustari dalam buku “Nilai Karakter Refleksi Untuk  Pendidikan” mengatakan: disiplin adalah taat pada peraturan sekolah.

b.  Keith Davis dalam Santoso Sastropoetra  mengemukakan bahwa disiplin diartikan sebagai pengawasan terhadap diri pribadi untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah disetujui  atau diterima sebagai tanggung jawab.

c. Julie Adrews dalam Shelia Ellison and Barbara An Barnet berpendapat bahwa “(Discipline is a from of life training that,  once experienced and when practiced, develops an individual‟s  ability to control themselves). (Disiplin adalah suatu bentuk latihan  kehidupan, suatu pengalaman yang telah dilalui dan dilakukan,  mengembangkan kemampuan seseorang untuk mawas diri).


Dari definisi-definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa disiplin  adalah suatu kondisi yang tercipta melalui proses latihan terus menerus 

yang dikembangkan secara berkelanjutan yang dikembangkan serangkaian  perilaku yang di dalamnya terdapat unsur-unsur ketaatan, kepatuhan

kesetiaan, ketertiban dan semua yang dilakukan atas dasar kesepakatan dan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk mawas diri. 


Dari penjelasan diatas maka secara teori budaya kerja disiplin adalah Suatu filsafat yang didasari pandangan hidup  sebagai nilai-nilai  yang menjadi sifat, kebiasaan serta tindakan yang terwujud sebagai kerja dengan perilaku seseorang yang sesuai dengan peraturan prosedur kerja yang berlaku dmelalui  kesadaran dan kesediaan seseorang mentaati semua peraturan perusahaan dan normanorma yang berlaku. (Hasibuan,2003:212)


Bentuk-bentuk disiplin terbagi menjadi : 

Sementara disiplin kerja terbagi menjadi 3 yaitu (Asmiasrsih, 2006) :


1. Disiplin Preventif

Disiplin preventif adalah tindakan SDM agar terdorong untuk menaati standar atau peraturan. Tujuan pokoknya adalah mendorong SDM agar memiliki disiplin pribadi yang tinggi, agar peran kepemimpinan tidak terlalu berat dengan pengawasan atau pemaksaan, yang dapat mematikan prakarsa dan kreativitas serta partisipasi SDM.


2. Disiplin Korektif


Disiplin korektif adalah tindakan dilakukan setelah terjadi pelanggaran standar atau peraturan, tindakan tersebut dimaksud untuk mencegah timbulnya pelanggaran lebih lanjut. Tindakan itu biasanya berupa hukuman tertentu yang biasa disebut sebagai tindakan disipliner, antara lain berupa peringatan, skors, pemecatan.


3. Disiplin Progresif

Disiplin progresif adalah tindakan disipliner berulang kali berupa hukuman yang makin berat, dengan maksud agar pihak pelanggar bisa memperbaiki diri sebelum hukuman berat dijatuhkan.


Sementera menutut Handoko bentuk disiplin kerja ada 2 yaitu 

Disiplin preventip adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mendorong para karyawan agar

mengikuti berbagai standar dan aturan, sehingga penyelewenganpenyelewengan dapat dicegah.


Dan disiplin korektip adalah kegiatan yang

diambil untuk menangani pelanggaran terhadap aturan-aturan dan mencoba untuk menghindari pelanggaranpelanggaran lebih lanjut. (Handoko,

2005:208)


Menurut NAQOY LEARNING CENTER, Disiplin kerja memiliki 3 bentuk yaitu :

1. Knowledge System Disipline .  Budaya kerja disiplin yang dibnetuk oleh pembentukan pengetahuan yang disosisliasi melalui forum dan  flayer yang dilakukan terus menerus. 

2. Public System Disipline, budaya kerja yang dilakukan karena orang lain melakaukanya secara bersama-sama, seperti contoh budaya kerja disiplin dalam antri. 

3. Self Awareness System Disipline. Budaya kerja disiplin yang dimulai dari One Minute Awareness, kesadaran diri yang telah tercerahkan diri sehingga memiliki konsistensi dimasa depan. Disiplin yang dijalankan dengan hati gembira dan menggembirakan lingkungan. 


Demikian pak


PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]