Full width home advertisement

Berita

Article

Post Page Advertisement [Top]


Memaknai konsep sukses seringkali membuat banyak orang menderita tentu saja, bagaimana tidak?, ada diantara kita yang memaknai sukses adalah ketika memiliki sesuatu tentu saja materi, maka ukuran kesuksesan adalah tampilan kemilau harta seperti rumah, mobil dan sebagainya, saya pernah melihat seorang teman yang mendadak stres ketika mudik tahun ini, salah satu penyebabnya adalah teman SDnya, yang ketika SD dulu sering di Bully, ternyata sekarang menjadi seorang yang kaya di kampungnya. Persepsinya terhadap sebatas materi membuat jiwanya terbelanggu oleh nilai yang dia bangun sendiri. Kemudian dirinya kembali ke Jakarta dan melakukan apapun termasuk yang diharamkan yang penting memiliki harta atau dianggap kaya, karena kekayaan adalah simbol dari kesuksesan baginya. Ada juga yang mengartikan sukses adalah ketika memiliki jabatan atau menjadi seseorang, maka inilah yang sering kita saksikan, jabatan yang sedikit direbutkan oleh banyak orang, naluri alamiahnyapun terjadi, sesama saudara kita saling menyikut bahkan memfitnah, kita lupa nilai-nilai kemanusiaan, persaudaraan dan keluarga jauh lenih tinggi dari jabatan, hanya saja jabatan itu menyilaukanya.

Apakah konsep sukses seperti itu salah, saya mengatakan kurang tepat, karena kekayaan, ketenaran, jabatan dan sebagainya adalah Eksoterik- atau kulit luar sukses yang cirinya membuat kita sedih dan sakit hati karenanya, sudah banyak contohnya ketika seseorang yang ketika kaya banyak teman namun ketika miskin temanpun seolah-olah meninggalkanya, ada juga kisah seorang pejabat yang merasa kurang dihargai oleh mantan anak buahnya ketika menghadiri sebuah acara. Beragam pengalaman manusia modern yang justru sering tertinggal dengan apa yang merek ciptakan. 

Dalam kacamata saya, sukses adalah ketika kita bisa berbagi, yah sederhana ketika kita bisa berbagi (memberi), bisa ilmu, uang, tenaga, inspirasi, doa dan sebagainya. Ketika seorang yang terlihat kaya dan sukses tapi pelit berbagi sebenarnya dia belum sukses tapi sedang mengejar kesuksesannya sendiri.

                                                         NAQOY adalah Master Trainer The7awareness
                                                         Pakar Leadership, Penulis 10 buku kepemimpinan
                                                         Pemecah REKOR MURI 18.000 Peserta.

PROFIL TERBARU NAQOY (MASTER TRAINER THE 7 AWARENESS)

Bottom Ad [Post Page]